NERACA AMALAN HATI
NERACA AMALAN HATI
Rugi itu mengisi waktu dengan
kemaksiatan, tak ada kata rugi jika kita menunggu waktu luang dengan mengisi
dengan ketaatan. Sabar dan bertakwalah kepada Allah jika terjadi kondisi
masalah dalam kehidupan kita. Maka Allah akan kasih ilmunya, jika ada masalah
kita marah marah kita gak akan dikasih
ilmu sama Allah. Ini adalah sebuah miniatur kehidupan Apapun yang terbaik dari
Allah itu yaitu setelah kita berjuang, bukan kita tanpa usaha dan perjuangan
namun itu semua dianggap sudah jalan yang terbaik dari Allah. Ini adalah
muqoddimah dari Ustadz Nuzul ketika terjadi kendala pada koneksi internet
ketika kajian live streaming.
Berkata Imam An Nawawi Rahimahullahuta’ala dari hadits
yang pertama Dari Amirul Mukminin Abu Hafsh Umar bin Al Khaththab bin Nufail
bin Abdul Uzza bin Riyah bin Abdullah bin Qurth bin Razah bin Adi bin Ka'ab bin
Lu‘ay bin Ghalib al-Qurasyi al-Adawi رَضِيَ اللّٰهُ عَنْهُ beliau berkata, Aku mendengar Rasulullah صَلَى اللّٰهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمُ bersabda ;
إِنَّما الْأَعْماَلُ باِانِّياَتِ،
وإِنَّماَلِكُلِّ امْرِىٍٔماَنَوَا، فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللّٰهِ
وَرَسُوْلِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللّٰهِ وَرَسُوْلِهِ، وَمَنْ كاَنَتْ
هِجْرَتُهُ لِدُنْياَ يُصِيْبُهاَ، أَوِ امْرَأَةٍ يَنْكِحُهاَ فَهِجْرَتُهُ
إِلَى ماَهاَجَرَإِلَيْهِ.
Sesungguhnya amalan-amalan itu tergantung dengan niat-niat, dan
sesungguhnya setiap orang akan mendapatkan apa yang dia niatkan. Karena itu,
barangsiapa hijrahnya kepada Allah dan RasulNya, maka hijrahnya kepada Allah
dan RasulNya, dan barangsiapa hijrahnya untuk dunia yang ingin dia raih, atau
untuk wanita yang ingin dia nikahi, maka hijrahnya adalah kepada apa yang dia
berhijrah karenanya."
Hadits ini telah disepakati keshahihannya. Diriwayatkan oleh dua imam
para ahli hadits, yaitu Abu Abdullah Muhammad bin Isma'il bin Ibrahim bin
al-Mughirah bin Bardizbah al-Ju'a al-Bukhari dan Abu al-Husain Muslim bin
al-Hajjaj bin Muslim al-Qusyairi an-Naisaburl. Semoga Allah meridhai keduanya
terhadap kitab keduanya yang merupakan karya tulis paling shahih.
Beliau keras
terhadap orang2 beriman pada kala itu, namun Rasulullah berdoa hadirkan
kemuliaan Isam melalui Umar bin Khattab. Umar bi khattab jabatannya dikala masa
jahiliyah layaknya seorang menteri. Bukannya Nabi doakan keburukan namun Nabi
doakan agar Umar mendapat Hidayah. Nabi mengambil sebuah potensi Umar. Ahirnya
Umar masuk Islam, bukan hanya itu beliau berpengaruh besar dipeta dakwah kala
itu.
Orang2
pada saat itu menymbunyikan keislamannya namun ketika Umar telah masuk islam
banyak yang sudah mulai terang2an beribadah. Beliau tidak hanya menghadirkan
perubahan dalam diri namun perubahan dalam tubuh Islam. Kita jangan berubah
secara personal berubahlah juga secara lingkungan. Beliau adalah khalifah kedua
(13H wafat 23H ). Hijrahnya Umar adalah kemenangan untuk kita semua, ketika
umar memimpin adalah kasih sayang untuk kita semua, pembukaaan dari berbagai
macam kebaikan dan kemenangan bagi Islam. Dan ketika beliau memimpin adalah
rahmat bagi kita semua. Rasulullah menjadi kebenaran dari hati & lisan Umar
(HR. Tirmidzi). Beliau keras bukan karena hatinya rusak. Potensi itu udah ada.
Dahulu
yang didoakan oleh Rasulullah adalah Umar dan Abu Jahl, namun Allah menghendaki
Umar. Umar pernah berkata “Sayyid Abu Bakr yang membebaskan Sayyid Bilal”
Sayyid adalah tuan. Bayangkan seorang Umar menganggap seorang Bilal adalah
Sayyid. Ada sebuah moment Ketika An nas berada dibalik tembok ada yang berkata
dibalik tembok wahay Umar Al Khattab bertakwalah kepada Allah atau Allah
mengadzabmu.
Hati
yang baik akan memperbaiki semuanya. Allah maha tahu apa yang hati kita
tampilkan dan sembunyikan. Hari hari ini adalah momentum untuk muhasabah diri.
Perbaiki hati dan lisan kita seperti kunci dari Umar Bin Khattab tadi.
Ringkasan Kajian Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri |Serial
Riyadush Shalihin | Live Streaming |21-04-2020 (16:30)
Komentar
Posting Komentar